PERNAHKAH KALIAN MENGALAMI 'SLEEP PARALYSIS' ?

Ilustrasi : Gambar 1

Assalamualaikum sobat bamboo!

Pernah gak sih kalian mengalami yang namanya " Sleep Paralysis " atau yang sering kita sebut " Ketindihan " pada saat kita mau tidur atau bangun tidur?
Banyak rumor yang beredar katanya sih kalo kita mengalami " Sleep Paralysis " itu tandanya badan kita sedang " Ketindihan " oleh Hantu / Jin, sehingga badan kita gak bisa bergerak atau lumpuh sesaat.
Ada juga  yang bilang kalo kita mengalami " Sleep Paralysis ", itu tandanya tempat yang kita pake buat tidur ada hantunya, percaya gak sih? Emmm...πŸ€”πŸ€”πŸ€”
Sampai saat ini, masih banyak mitos yang berkembang di masyarakat tentang ketindihan saat tidur. Salah satu mitos yang terkenal adalah bahwa ketindihan disebabkan oleh gangguan jin atau makhluk halus yang gentayangan. Ihh seremm kan..Tapi tau gak sih kalau ternyata fenomena ini ada penjelasan medisnya lho sobat...jadi gausah khawatir ....πŸ˜‚πŸ˜…
Oke lah sobat, daripada kalian bingung, mending langsung kita  bahas, Apa sih " Sleep Paralysis " itu?

- Jadi " Sleep Paralysis " itu?
Kondisi ketika orang akan tidur atau bangun tidur merasa sesak napas seperti dicekik, dada sesak, badan sulit bergerak dan sulit berteriak alias tidur lumpuh.
Hampir setiap orang pernah mengalaminya. Setidaknya sekali atau dua kali dalam hidupnya. Sleep paralysis bisa terjadi pada siapa saja, lelaki atau perempuan.
Dan usia rata-rata orang pertama kali mengalami gangguan tidur ini adalah 14-17 tahun. Sleep paralysis alias tindihan ini memang bisa berlangsung dalam hitungan detik hingga menit.
Yang menarik, saat tindihan terjadi kita sering mengalami halusinasi, seperti melihat sosok atau bayangan hitam di sekitar tempat tidur. Tak heran, fenomena ini pun sering dikaitkan dengan hal mistis.
- Bukan hanya di Indonesia aja sih sobat, tapi di negara-negara lain pun juga memiliki mitos tersendiri mengenai Sleep paralysis “, Negara mana saja kira-kira ?

Afro-Amerika ( the devil riding your back hantu atau hantu yang sedang menaiki bahu seseorang)
China ( gui ya shen alias gangguan hantu yang menekan tubuh seseorang)
Meksiko ( se me subio el muerto dan dipercaya sebagai kejadian adanya arwah orang meninggal yang menempel pada seseorang )
Kamboja, Laos dan Thailand ( pee umm, mengacu pada kejadian di mana seseorang tidur dan bermimpi makhluk halus memegangi atau menahan tubuh orang itu untuk tinggal di alam mereka )
Islandia ( mara artinya hantu yang menduduki dada seseorang di malam hari, berusaha membuat orang itu sesak napas dan mati lemas )
Turki ( karabasan, dipercaya sebagai makhluk yang menyerang orang di kala tidur, menekan dada orang tersebut dan mengambil napasnya )
Jepang ( kanashibari, yang secara literatur diartikan mengikat sehingga diartikan seseorang diikat oleh makhluk halus )
Vietnam ( ma de yang artinya dikuasai setan. Banyak penduduk Vietnam percaya gangguan ini terjadi karena makhluk halus merasuki tubuh seseorang )
Hungaria ( lidercnyomas dan dikaitkan dengan kata supranatural boszorkany (penyihir). Kata boszorkany sendiri berarti menekan sehingga kejadian ini diterjemahkan sebagai tekanan yang dilakukan makhluk halus pada seseorang di saat tidur )
New Guinea ( Suk Ninmyo. Ini adalah pohon keramat yang hidup dari roh manusia. Pohon keramat ini akan memakan roh manusia di malam hari agar tidak menggangu manusia di siang hari. Namun, seringkali orang yang rohnya sedang disantap pohon ini terbangun dan terjadilah sleep paralysis )

Nah sekarang udah pada taukan apa itu " Sleep Paralysis " dan juga istilah-istilah di berbagai Negara? Udah ada Oooo moment kan sobatπŸ˜‰
- Selanjutnya, Apa sih penyebab terjadinya Sleep paralysis?
Banyak mitos mistis yang muncul seputar sleep paralysis karena fenomena ini membuat berhalusinasi melihat bayangan hitam di sekitar sobat, yang dianggap sebagai sosok makhluk halus. Padahal, sleep paralysis sebenarnya terjadi saat mekanisme otak dan tubuh menjadi tumpang tindih, tidak berjalan selaras saat tidur sehingga menyebabkan kita tersentak bangun di tengah siklus REM. Saat sobat terbangun sebelum siklus REM usai, otak belum siap untuk mengirimkan sinyal bangun sehingga tubuh masih dikondisikan dalam setengah tidur setengah sadar. Maka dari itu, sobat akan merasakan tubuh kaku, sulit bernapas, tidak bisa berbicara, dan masih dalam pikiran yang mengawang saat ‘ketindihan’.

Studi terbitan jurnal Clinical Psychological Science menyebutkan bahwa sensasi kewalahan dan panik dari rentetan pengalaman sensoris tersebut cenderung membuat seseorang merasa makin tertekan, terlebih lagi ketika mereka sudah lebih dulu percaya bahwa fenomena sleep paralysis terjadi karena faktor supranatural. Ini yang membuat pengalaman ketindihan saat tidur bagi sebagian orang menjadi suatu pengalaman yang mengerikan dan traumatis. Studi yang sama menyebutkan bahwa orang-orang yang cenderung berpikir logis malah tidak mengalami masalah atau trauma berarti setelah pulih dari kelumpuhan tidur.

‘Ketindihan’ bisa jadi faktor genetik, namun terdapat sejumlah faktor lain yang mungkin terkait dengan fenomena ini, seperti waktu tidur yang berantakan, kebanyakan begadang, stress, posisi tidur telentang, gangguan bipolar atau gangguan tidur lainnya (narkolepsi atau kram kaki malam hari). Sleep paralysis juga bisa menjadi efek samping dari konsumsi obat tertentu, seperti obat ADHD atau penyalahgunaan narkotika.
- Selanjutnya, Bagaimana sih cara mengatasi “ Sleep paralysis “ ?
Jika sobat mengalami kelumpuhan tidur, hal yang dapat sobat lakukan adalah dengan menarik napas dalam-dalam dan menghembuskannya keras-keras. Kemudian cobalah untuk memaksa bergerak, seperti menggerakkan ujung jari tangan/kaki sobat sebagai bentuk perlawanan. Hal tersebut dilakukan untuk membantu sobat terjaga dan terlepas dari kelumpuhan tidur tersebut.

Sleep paralysis dapat membaik seiring berjalannya waktu, sobat tetap perlu melakukan upaya untuk mencegah terjadinya kelumpuhan tidur, seperti tidur cukup, ciptakan lingkungan tidur yang nyaman, hindari makan sebelum tidur, jangan merokok atau minum alkohol, berolahraga secara teratur, dan sebelum tidur cobalah untuk melakukan beberapa latihan pernapasan atau membaca sesuatu yang menyenangkan untuk menghilangkan kecemasan yang bisa menjadi faktor penyebab kelumpuhan tidur
Nah cukup sampe disini dulu pembahasan kita kali ini, apabila ada pertanyaan, silahkan isi di kolom komentar ya sobat, semoga bermanfaat!
Sekian, Wassalamualaikum wr wb.





Sumber; https://www.kaskus.co.id/thread/51b4bb5241cb17bd5e00000c/cara-bangun-dari-sleep-paralysis-atau-tidur-seperti-di-tindih-hantu/

Newest
Previous
Next Post »