Memahami Benda yang Bergerak Lurus Secara Beraturan (GLB)

Assalamualaikum sobat bamboo...

Hehe...  Kali ini kita pindah materi ya sob. Yup, sekarang yang bakal kita pelajari adalah tentang mekanika gerak. Dan materi pembahasan kali ini dibatasi hanya pada gerak lurus beraturan. Langsung saja...  Check it...
Gambar 1 : Lintasan lurus
Source : https://www.freeimages.com/photo/in-the-tunnel-1190391
Tentu sobat bamboo sudah paham bahwa GLB merupakan keadaan dimana suatu benda bergerak pada lintasan lurus tanpa ada perubahan kecepatan. Pada dasarnya semua benda di dunia ini hanya bisa memiliki 2 keadaan, antara diam atau bergerak lurus beraturan. Namun karena ada suatu faktor yang bernama gaya maka pergerakan benda di dunia ini pun menjadi macam macam.

Gaya didefinisikan sebagai perubahan kecepatan dikali massa benda. Gaya yang yang searah dengan kecepatan benda akan menambah kecepatan benda. Gaya yang berlawanan arah dengan kecepatan akan memperlambat benda. Sedangkan benda yang berputar memperoleh gaya arahnya yang tegak lurus dengan arah kecepatan.

Sumber gaya bisa sangat bermacam macam. Karena definisi gaya adalah perubahan kecepatan. Maka suatu benda akan melakukan gerak lurus beraturan jika tidak ada gaya lain yang mempengaruhi atau resultan gaya nya nol. Ini sesuai dengan pernyataan newton dalam sebuah pernyataannya
lex 1 : Corpus omne perseverare in statu suo quiescendi vel movendi uniformiter in directum, nisi quatenus a viribus impressis cogitur statum illum mutare. (Setiap benda akan mempertahankan keadaan diam atau bergerak lurus beraturan, kecuali ada gaya yang bekerja untuk mengubahnya.)
Nah sekarang kita akan mencoba rumuskan persamaan GLB. tentu sangat mudah kan. Yap, rumusnya GLB hanya v=s/t.  Sangat jelas bukan?  Karena pada dasarnya, kecepatan memiliki makna jauh jarak yang ditempuh dalam satu satuan waktu tertentu. Nah, kalau kita ingin tahu jarak dengan diketahui kecepatan dan waktu, kita tinggal melakukan operasi aljabar sederhana dengan memindahkan ruas. Ya gak?

Nah segitu dulu sobat...  Jujur saya sangat bingung konten tulisan kali ini itu tentang apa. Apakah tentang GLB atau malah tentang gaya. Ya mau gimana lagi, bab GLB ini memang sangat mudah dan simpel. (ya gak???XDD)
Tetep semangat belajar sobat...  Nantikan artikel selanjutnya ya...

Sekian sobat...


Ikutilah filosofi gerak lurus beraturan, yang selalu lurus bergerak terus menerus dengan kecepatan tetap. Meski lambat, namun suatu saat pasti akan sampai hingga tujuannya. Karena sessungguhnya di mata Allah, amal yang paling dicintai adalah amalan yang kontinyu walau itu hanya sedikit.

Warn...


Oh ya, bagi temen-temen yang menemukan kejanggalan atau kesalahan dari pemaparan diatas silahkan tulis di kotak komentar ya. Dan bagi teman-teman yang ingin sekedar berdiskusi atau mau request materi kotak komentar juga terbuka kok. Hehe...
Previous
Next Post »