10 Hormon pada Tumbuhan

Sobat bamboo, admin mau berbagi macam-macam hormon pada tumbuhan. Sebelumnya apa itu Hormon?hormon merupakan suatu zat yang berfungsi sebagai pengatur tubuh yang dapat mempengaruhi jaringan-jaringan, berbagai organ, maupun sistem organ. hormon pada tumbuhan disebut fitohormon. Fitohormon diantaranya adalah Auksin, giberelin, sitokinin, asam absisat, etilen, dan beberapa hormon lainnya. Nah dibawah ini ada berbagai macam hormon pada tumbuhan. cekidot

biologimu.com


1. Auksin => merupakan jenis hormon pada tumbuhan yang dapat mempercepat pertumbuhan akar dengan baik juga dapat mempercepat pertumbuhan pucuk. auksin juga digunakan untuk menghasilkan buah tanpa biji (partenokarpi).

2. Giberelin => merupakan hormon tubuh yang kerjanya sinergis dengan auksin dan sitokinin. giberelin berfungsi untuk mengatur pemanjangan dan pembelahan batang, akar, pucuk daun , dan buah.

3. Sitokinin => merupakan fitohormon yang sangat erat kaitannya dengan pembelahan sel (sitokinesis), memperbesar kotiledon, dan mengembangkan tunas lateral. fungsi sitokinin adalah dapat menghambat penuaan pada daun serta mempercepat pertumbuhan dan perkembangan sampai pada dosis tertentu.

4. Asam absisat => merupakan hormon yang dihasilkan pada tunas terminal dan berfungsi untuk memperlambat pertumbuhan dengan cara memperlambat kecepatan pembelahan dan perbesaran sel. hormon ini membantu tumbuhan untuk bertahan pada kondisi jelek dengan menunda pertumbuhan (dormansi).

5. Gas etilen => merupakan satu-satunya fitohormon yang berbentuk gas. gas etilen berfungsi untuk pematangan buah. gas etilen akan meningkatkan respirasi sehingga buah yg keras akan menjadi empuk dan manis.

6. Kalin => merupakan hormon tumbuhan yg berfungsi untuk pembentukan akar, batang, dan daun.

7. Kaulokalin => merupakan hormon tumbuhan yg berfungsi untuk merangsang pembentukan batang.

8. Filokalin => merupakan hormon tumbuhan yg berfungsi untuk merangsang pembentukan daun.

9. Antokalin => merupakan hormon tumbuhan yg berfungsi untuk merangsang pembentukan bunga.

10. Asam traumalin => merupakan hormon tumbuhan yg berfungsi untuk memperbaiki bagian tumbuhan yang terluka.





Mantab, bukan? cukup sekian dan sampai jumpa.
s
 https://brainly.co.id/tugas/2913642#readmore
Previous
Next Post »